Design a site like this with WordPress.com
Get started

Prinsip-Prinsip Surabaya untuk Kebebasan Akademik

Dirumuskan 5-6 Desember 2017 di Fakultas Hukum Universitas Airlangga Surabaya, diorganisasikan oleh Serikat Pengajar HAM Indonesia (SEPAHAM) dan Pusat Studi Hukum HAM (HRLS)

  1. Kebebasan akademik adalah kebebasan yang bersifat fundamental dalam rangka mengembangkan otonomi institusi akademik;
  2. Insan akademis, mereka yang melakukan aktivitas di ranah akademik, memiliki kebebasan penuh dalam mengembangkan pengabdian masyarakat, pendidikan, penelitian, serta mempublikasikan hasil-hasilnya sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan;
  3. Insan akademis yang bekerja sebagai pengajar pada dunia pendidikan memiliki kebebasan di dalam kelas untuk mendiskusikan mata kuliah dengan mempertimbangkan kompetensi keilmuan dan penghormatan terhadap nilai-nilai kemanusiaan;
  4. Insan akademis harus bebas dari pembatasan dan pendisiplinan dalam rangka mengembangkan budaya akademik yang bertanggung jawab dan memiliki integritas keilmuan untuk kemanusiaan;
  5. Otoritas publik memiliki kewajiban untuk menghargai dan melindungi serta memastikan langkah-langkah untuk menjamin kebebasan akademik. 

Mengapa prinsip-prinsip disusun?

Prinsip tersebut dilahirkan atas situasi terbatasnya perlindungan hukum dalam sistem pendidikan tinggi maupun lembaga riset di Indonesia. Terlebih lagi, atas begitu meluasnya tekanan terhadap para akademisi, mulai dari ancaman pembunuhan, persekusi, pemecatan, kriminalisasi, gugatan, skorsing, pembubaran forum akademik, dan lain sebagainya. Secara voluntari (atas biaya mandiri), para korban tersebut, bersama peneliti kebebasan akademik, dari berbagai latar belakang keilmuan/lintas disiplin, kampus-kampus, lembaga riset, LIPI, berkumpul di Fakultas Hukum Universitas Airlangga, pada 5-6 Desember 2017. Penyelenggara kegiatan saat itu adalah Serikat Pengajar HAM Indonesia (SEPAHAM) dan HRLS FH Unair.

Sejumlah nama yang hadir saat itu, antara lain: Dr. Abdul Wahid (Sejarah UGM), Dr. Riwanto (LIPI), Dr. Herlambang P. Wiratraman (FH UNAIR), Dr. Citra Aryandari (ISI Yogyakarta), Dr. Rosnida Sari (UIN Raniry Aceh), Al Hanif, PhD (Univ Jember/Ketua Sepaham), Achmad, MH (FH UNS), Dian Noeswantari dan Inge Christanti (Pusham Ubaya), Virgayani Fattah, MH (Univ. Tadulako Palu), Satria Wicaksana, MH. (FH UNMUH Surabaya), Masitoh Indriani, LLM. (HRLS), mahasiswa LISO/Apridzani, dan teman2 dari CHRM2 Unej dan HRLS Unair, dll.

Khabar baiknya, pada Maret 2018, prinsip-prinsip tersebut diadopsi oleh komunitas akademisi di Southeast Asian Human Rights Studies Network (SEAHRN), yang dilaunching oleh Assoc. Prof Azmi Sharom (Malaya University Law School, Convener SEAHRN), di Kota Kinabalu, Malaysia.

Setelah melahirkan Prinsip-Prinsip tersebut, setiap tahun selalu diadakan pertemuan reguler khusus untuk membahas 2 hal: (1) kasus-kasus kebebasan akademik yang muncul; (2) posisi/sikap terhadap kasus tersebut. Selain pula update kebijakan pemerintah atau ajakan kerjasama untuk pembahasan lebih jauh.

Di forum ini, dihadiri sejumlah jaringan akademisi yang pula beragam latar belakang disiplin keilmuannya. Kasus-kasus sulit atau abu-abu dibahas, berdebat, hingga akhirnya mendapati kejelasan dalam respon kasusnya. Dua kali pertemuan, 2018 dan 2019, diadakan di Kota Malang. Di forum bertambah kawan, Dr. Basuki Wasis dkk (dari IPB), Syukron Salam (FH Unnes Semarang), aktifis mahasiswa yang aktif sekali, Julio Harianja dkk, Mukti Ono (FH UB), Dr. Anton Novenanto (Fisip UB), dan lain sebagainya, terutama dukungan Persma. Karena banyak kasus hukum, pula hadir YLBHI, Lokataru, dll.

Banyak kasus yang telah direspon, baik dengan siaran pers, petisi, eksaminasi putusan, penyusunan amicus curiae, dll. Kasus bertambah, dan mulai terfikir mengembangkan organisasi untuk menggerakkan bersama, yang tahun lalu dinamakan Kaukus Indonesia untuk Kebebasan Akademik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: